• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kalas II Cawu I Pokok Bahasan Struktur Tumbuhan di SMU Negeri Arjasa Tahun Pelajaran 1998/1999

    Thumbnail
    View/Open
    Yayuk Ningsih.pdf (1.663Mb)
    Yayuk Ningsih.pdf (1.663Mb)
    Date
    2015-01-22
    Author
    Yayuk Ningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam bertujuan agar siswa menguasai konsep-konsep ilmu Pengetahuan Alam dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciptanya Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi penggunaan pendekatan konsep dalam pembelajaran biologi pada pokok bahasan struktur tumbuhan. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas pendekatan konsep dalam pembelajaran biologi yang dilihat dari sebelah mana pendekatan tersebut dapat meningkatkan basil belajar biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre tes dan post tes dengan responden siswa kelas II cawu I. Pokok bahasan struktur tumbuhan di SMU Negeri Arjasa tahun pelajaran 1998/1999. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan uji tes. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan bahwa nilai hasil belajar siswa adalah 6,9371 pada pre-tes dan post-tes 6,5792 antara post-tes dengan pre-test tunda dan 1,5724 pada post-tes dan tes-tunda Adapun nilai rata-rata basil belajar siswa 27,1276 pada pre-tes, 75,9042 pada post-tes dan 73,8766 pada tes tunda Pencapaian perubahan untuk setiap kategori sangat jelek (SJ) menjadi sangat baik (SB). Berdasarkan temuan, maka.terjawab rumusan masalab dalam penelitian dan dapat diambil simpulan sebagai berikut: Pendekatan konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif serta dapat meningkatkan kategori dari rata-rata sangatjelek (SJ) menjadi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan konsep efektif digtmalam dalam pembelajaran biologi. Manfaat temuan dalam penelitian ini diharapkan menjadi salab satu solusi dalam pendidikan biologi yaitu untuk mencapai tujuan dalam p~ndidikan Dmu Pengetabuan Alam.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61018
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6323]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository