KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS III SLTP NEGERI I PUJER TAHUN PELAJARAN 1997-1998
Abstract
Penelitian mengenai kemampuan bertanya berdasarkan pada pemikiran bahwa kegiatan bertanya mampu mengembangkan daya nalar dan snagat penting dalam kegiatan informasi. pemilihan kemampuam bertanya sebagai masalah penelitian juga didasari kenyataan bahwa dalam setiap kegiatan belajar mengajar siswa sangat jarang mengemukaka pertanyaan.penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas mengenai keterampilan bertanya siswa kelas lll SLTP negri 1 pujer tahun pelajaran 1997-1998.kemampuan bertanya yang di kaji dalam penelitian adalah kemampuan bertanya yang berkaitan dengan : (1) mengetahui (2) pemahaman (3) penerapan (4) analisa (5) sistenis (6) evaluasi. penelitian di lakukan dengan menggunakan metode deskriptif. metode deskriptif digunakan memberika suatu keadaan atau gambaran secara nyata mengenai obyek yang diteliti.teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pemberian tes atau observasi. teknik pengolahan data di lakukan dengan teknik statistik dan deskriptif.teknik statistik di gunakan untuk memperoleh data secara kuantitatif. sasaran penelitian adalah siswa kelas lll SLTP Negeri 1 pujer tahun pelajaran 1997-1998. yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas lllB sebanyak 31 anak dengan pertimbangan bahwa kemampuan siswa dikelas tersebut rata-rata kurang. berdasarkan hasil analisa data dan kriteria keberhasilan yang di tetapkan. diperoleh kesimpulan siswa kelas Ill SLIP Negeri punjer tahun pelajaran 1997-1998 kurang mampu atau kurang mamapu bertanya. saran yang di berikan dengan kesimpulan adalah guru di harapkan meninggalkan dan lebih mengaktifkan kegiatan belajar mengajar dengan lebih banya memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]