PENGARUH MARKETING SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN SYARIAH CABANG SUMBERSARI JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah cabang Sumbersari
Jember. Sampel yang terpilih sebanyak 110 responden. Metode pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu,
nasabah yang pernah menggunakan jasa produk ar-rahn atau produk ar-rum
Pegadaian Syariah Cabang Sumbersari Jember. Metode analisis data
menggunakan regresi linier berganda dengan pendekatan confirmatory yaitu
menganalisis data dengan melakukan perhitungan-perhitungan menurut metode
penelitian kuantitatif dengan menggunakan program Amos.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa variabel Teitis tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan
Peagadaian Syariah Cabang Sumbersari Jember, Etis, Realistis dan Humanistis
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan
Peagadaian Syariah Cabang Sumbersari Jember. Oleh karena itu Peagadaian
Syariah Cabang Sumbersari Jember perlu mempertahankan dan meningkatkan
marketing Syariah untuk meningkakan jumlah nasabah.