• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PAKUSARI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rindi Chrisdian - 070210193095_1.pdf (119.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Rindi Chrisdian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan pada bulan Mei – Juni tahun 2013. Penelitian dimulai dengan melaksanakan dua tahap planning dan action yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan tim untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap observation yang merupakan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap reflection untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model think-pair-share dengan media video animasi pada mata pelajaran Biologi sub bahasan Sistem Imun, kelas XI IPA 3 semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Peningkatan motivasi aspek attention mengalami peningkatan sebesar 2,4 (7,57%), aspek relevance meningkat sebesar 3,71 (13,25%), aspek confidence meningkat sebesar 2,2 (7,86%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,72 (8,5%). Peningkatan hasil belajar pada ranah afektif meningkat sebesar 11,83%, dan ranah kognitif meningkat sebesar 68,47%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model think-pair-share dengan media video animasi di SMAN 1 Pakusari Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59884
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15364]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository