PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PAKUSARI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan pada bulan Mei – Juni tahun
2013. Penelitian dimulai dengan melaksanakan dua tahap planning dan action yang
dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan tim untuk merencanakan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap observation yang merupakan tahap
pelaksanaan pembelajaran di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap reflection untuk
merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh,
dianalisis dengan menggunakan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar
siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model think-pair-share dengan
media video animasi pada mata pelajaran Biologi sub bahasan Sistem Imun, kelas XI
IPA 3 semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember.
Peningkatan motivasi aspek attention mengalami peningkatan sebesar 2,4 (7,57%),
aspek relevance meningkat sebesar 3,71 (13,25%), aspek confidence meningkat
sebesar 2,2 (7,86%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,72 (8,5%).
Peningkatan hasil belajar pada ranah afektif meningkat sebesar 11,83%, dan ranah
kognitif meningkat sebesar 68,47%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif model think-pair-share dengan media video animasi di SMAN 1 Pakusari
Jember.