• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTs. NEGERI KENCONG JEMBER.

    Thumbnail
    View/Open
    Bibit Dewi Windari - 070210193050_1.pdf (74.56Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Bibit Dewi Windari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    berupa permainan yang dikerjakan secara berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII U MTs Negeri Kencong Jember tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble pada bab sistem dalam kehidupan tumbuhan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket motivasi ARCS yang diberikan sebelum dilaksanakannya siklus I dan sesudah siklus II. Hasil persentase motivasi pra siklus I ke pasca siklus II. Pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 2,48 (7,80%), aspek relevance meningkat sebesar 2,67 (9,50%), aspek confidence meningkat sebesar 2,20 (7,97%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 1,98 (6,16%). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari afektif dan psikomotor siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble, dan kognitif yang diambil dari nilai tes di setiap akhir siklus. Hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotor dapat dilihat pada hasil observasi selama proses pembelajaran yang dilakukan oleh tiga observer dari teman sesama mahasiswa Pendidikan Biologi. Pada siklus II ranah afektif mengalami peningkatan sebesar 48,4% dari 29% pada siklus I menjadi 77,4% pada siklus II. Ranah kognitif dilihat dari hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil tes pada akhir siklus I sebanyak 14 siswa tuntas dan 17 siswa belum tuntas, sehingga ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 45,16%. Hasil tes pada akhir siklus II sebanyak 25 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas, sehingga ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 80,64%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 35,48%. Dari hasil penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan SAVI yang dikombinasikan dengan model Scramble dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59862
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository