PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-A MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI SDN TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah penerapan pendekatan CTL
serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pada pelajaran
matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswak kelas V-A di SDN
Tegalgede 01 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember pada sesemster
genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek siswa kelas V-A yang berjumlah
32 siswa (17 perempuan, 15 laki-laiki). Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang sesuai dengan rancangan penelitian model Kemmis dan
McTaggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan
dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Dalam pelaksanaan siklus I terdapat beberapa kendala, terutama
kurangnya motivasi siswa untuk aktif didalam kegiatan pembelajaran, sehingga
dalam beberapa komponen CTL belum terlaksana dengan baik. Oleh sebab itu
dilakukan perbaikan untuk diterapkan pada siklus II, sekaligus untuk
membandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Hasil penelitian
secara keseluruhan menunjukkan bahwa pendekatan CTL dengan media benda
konkrit berjalan dengan baik, Hal ini ditandai dengan peningkatan seluruh
komponen CTL pada akhir siklus, yaitu construksivism 78,1%, inquiry 90,1%,
questioning 57,3%, learning community 87,5%, modelling 87,5%, reflectioning
86,5%, dan authentic assesment 96,8%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa
meningkat sebesar 17%, yang semula 67,3% (aktif) pada siklus 1 meningkat
menjadi 82,6% pada siklus II atau pada kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa
juga meningkat, secara klasikal rata-rata nilai pada siklus I adalah 72,9, naik
sebesar 8 menjadi 80,3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran
Matematika melalui pendekatan CTL dengan media benda konkrit, mampu
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-A SDN Tegalgede 01
Jember.