• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI-PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DI POLI GIGI PUSKESMAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Galdhisia Devita CAresya - 1016101093_1.pdf (89.98Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    Galdhisia Devita Caresya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan komunikasi interpersonal dokter gigi kepada pasien berdampak pada kenyamanan dan kepuasan bagi pasien ataupun bagi dokter gigi. Hal ini membuat komunikasi dokter gigi-pasien harus dikuasai dan dimiliki oleh dokter gigi. Kompetensi komunikasi dalam dunia kedokteran dapat dikatakan terabaikan, baik dalam pendidikan maupun dalam praktik kedokteran /kedokteran gigi. Data Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI), tahun 1998-2006 terdapat sembilan kasus pengaduan terhadap profesi dokter dan yang sering menjadi pokok kasus sengketa adalah lemahnya komunikasi antara dokter dan pasien. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal antara dokter gigi dengan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi Puskesmas di Jember. Jenis Penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Peneliti mengambil tempat penelitian di 11 Puskesmas untuk mewakili 47 Puskesmas yang ada di Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah subyek 398 responden. Variabel dalam penelitian adalah komunikasi interpersonal dokter gigi pasien dan kepuasan pasien . Alat ukur penelitian adalah kuisoner. Kuisoner terdiri atas 17 pertanyaan. 8 pertanyaan mengenai komunikasi interpersonal dan 9 pertanyaan mengenai kepuasan pasien. Hasil uji chi square untuk komunikasi interpersonal dokter gigi-pasien adalah p=0,000 [p < α (0,05)]. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh komunikasi interpersonal dokter gigi-pasien terhadap kepuasan pasien di poli gigi puskesmas di Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh komunikasi interpersonal dokter gigi-pasien terhadap tingkat kepuasan di poli gigi puskesmas di Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59766
    Collections
    • UT-Faculty of Medical [1539]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository