PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI NOTEBOOK MEREK ACER (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Administrasi
Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember angkatan tahun
2008-2012. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif yang bertujuan
menghubungkan dua variabel atau lebih. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember angkatan tahun 2008-2012 sebagai pengguna notebook
merek Acer yang berjumlah 97 responden. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Metode analisis
regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Regresi digunakan untuk
menggambarkan model hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.Uji
hipotesis yang digunakan uji F dan uji t. Uji F digunakan untuk mengetahui
pengaruh secara bersama-sama atribut produk (merek (x1), kemasan (x3),
pemberian label (x3), layanan pelengkap (x4), dan jaminan (x5)) terhadap
keputusan membeli. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing
variabel atribut produk (merek (x1), kemasan (x2), pemberian label (x3), layanan
pelengkap (x4), dan jaminan (x5)) terhadap keputusan membeli.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu (x1 4.099 ,
x2 2.947, x3 6.380, x4 6.317, x5 4.659 > 1.98( dan signifikansi < α yaitu (x1 0.000 ,
x2 0.004 , x3 0.000 , x4 0.000 , x5 0.000< 0,05). Hal ini berarti bahwa variabel
atribut produk (merek (x1), kemasan (x2), pemberian label (x3), layanan pelengkap
(x4), dan jaminan (x5)) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan
membeli. Variabel atribut produk yang berpengaruh dominan terhadap keputuan
membeli adalah layanan pelengkap dengan nilai koifisien regresi 0.318.
Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa keputusan membeli
mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember pada produk Acer dipengaruhi oleh merek, kemasan,
pemberian label, layanan pelengkap, dan jaminan pada produk acer.