Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD SAMSUL ARIFIN
dc.date.accessioned2013-12-07T03:04:41Z
dc.date.available2013-12-07T03:04:41Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM040210201317
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5905
dc.description.abstractPendidikan kesetaraan merupakan bagian dari Pendidikan Non Formal yang ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat yang kurang beruntung, tidak pernah sekolah, putus sekolah, putus lanjut sekolah dan usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup serta masyarakat lain yang memerlukan layanan khusus dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai dampak perubahan peningkatan taraf hidup dan IPTEK. Pendidikan kesetaraan berperan strategis dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu menyukseskan program wajib belajar 9 tahun dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bunga Bangsa merupakan salah satu penyelenggara program Pendidikan Kesetaraan (Paket) B dengan materi tambahan life skills yang berupa ketrampilan. Dalam pelaksanaannya penyelenggara Paket B di Desa Pejaten Bondowoso belum bisa menghubungkan materi life skills dengan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan strategi pembelajaran partisipatif Paket B bermuatan life skill di PKBM Bunga Bangsa. (2) faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran partisipatif Paket B bermuatan life skills di PKBM Bunga Bangsa. (3) faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran partisipatif Paket B bermuatan life skills di PKBM Bunga Bangsa. Pengambilan data dilakukan di PKBM Bunga Bangsa yang terdiri dari informan kunci yaitu semua pendidik pada Paket B di PKBM Bunga Bangsa, seluruh siswa kelas VIII di Paket B PKBM Bunga Bangsa dan informan pendukuang yaitu pengelola PKBM Bunga Bangsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif tentang kondisi PKBM Bunga Bangsa, penerapan strategi pembelajaran partisipatif di Paket B, faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran partisipatif dan hasil belajar peserta didik Paket B di PKBM Bunga Bangsa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran di Paket B PKBM Bunga Bangsa masih menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Peserta didik kurang banyak dilibatkan dalam perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran partisipatif ini antara lain dukungan dari masyarakat terhadap program pendidikan kesetaraan paket B dan motivasi peserta didik yang tinggi terhadap program Paket B ini. Sedangkan faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran ini diantaranya kurangnya sarana prasarana yang dimiliki PKBM Bunga Bangsa serta pendidik kurang memahami tentang strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan kesetaraan Paket B, sehinga hasil belajar pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Bunga Bangsa masih kurang optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210201317;
dc.subjectPembelajaran Partisipatif Dalam Pendidikan Kesetaraan (Paket B) Bermuatan Life Skill di PKBMen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN BERMUATAN LIFE SKILL DI PKBM BUNGA BANGSA DESA PEJATEN KECAMATAN BONDOWOSO KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record