DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KELOMPOK KEJAR PAKET C DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2011
Abstract
Suatu modul adalah suatu paket pengajaran yang memuat satu konsep bahan
pelajaran. Pengajaran modul merupakan sistem pengajaran individual yang
memungkinkan peserta didik menguasai satu unit bahan pelajaran sebelum beralih ke
unit bahan pelajaran selanjutnya.. Pembelajaran modul ini dapat diterapkan pada
proses pembelajaran didalam kelompok belajar (kejar) paket C, karena peserta didik
kelompok belajar paket C atau sering disebut warga belajar peket C yang kurang
memiliki kesempatan dan keterbatasan jika dibandinkan dengan peserta didik di
pendidikan formal, sistem pembelajaran modul lebih tepat diterapkan dalam
pembelajaran kejar paket C. Dalam pengajaran modul dapat memberikan motivasi
dan minat yang kuat pada diri warga belajar. Sehingga diharapkan dengan
pengajaran sistem modul mampu meningkatkan motivasi belajar warga belajar
paketC.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak model pembelajaran
modul terhadap motivasi belajar warga belajar kelompok kejar paket C Di UPTD
Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. . Daerah penelitian yang
digunakan adalah di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso berdasarkan
metode purposive. Subjek penelitian adalah warga belajar kejar paket C kelas x di
Sanggar Kegiatan Belajar kabupaten Bondowoso yang telah memenuhi criteria
dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarakan criteria. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
penelitian non eksperimental dengan tekhnik analisis data statistik deskriptif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian
yang diperoleh adalah bahwa pengguan modul dapat meningkatkan motivasi warga
belajar
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...