• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Switching Barriers Untuk Loyalitas Pasien Berbasis Perilaku Caring Perawat

    Thumbnail
    View/Open
    dodi wijaya_pemula_boptn_225.pdf (307.8Kb)
    Date
    2014-08-14
    Author
    Dodi Wijaya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi pengelolaan untuk menciptakan loyalitas pasien dapat dilakukan melalui strategi “switching barriers”. Strategi switching barriers dapat dibentuk dengan melalui pendekatan perilaku caring perawat. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan model strategi switching barriers untuk loyalitas pasien berbasis perilaku caring perawat. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional. Populasi peneltian ini adalah seluruh pasien rawat inap RS. Paru dengan jumlah sampel sebesar 100 pasien. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang ditentukan berdasarkan kriteria inklusi. Tempat penelitian di Rawat Inap RS. Paru Jember. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dengan alpha cronbach 0,980 dan 0,933. Analisis data menggunakan Uji Chi Squre ( p < 0,05 ) dan Uji Regresi Logistik Ganda. Hasil penelitian menadapatkan karakteristik pasien yang dijadikan responden penelitian di Rawat Inap Rumah Sakit Paru pada bulan Nopember – Desember 2013, rata- rata berumur 38 tahun dengan jenis kelamin terbanyak laki-laki. Pendidikan pasien terbanyak SMA, dengan status pekerjaan sebagai pekerja swasta, dan status pasien berobat terbanyak menggunakan askin/ jamkesmas. Loyalitas pasien 68% tergolong dalam loyalitas yang cenderung baik. Perilaku caring perawat yang dipersepsikan pasien 72% tergolong dalam perilaku caring baik. Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat denga loyalitas pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Paru Jember ( p = 0,000). Sub variabel perilaku caring perawat yang paling berhubungan dengan loyalitas pasien adalah menanggapi dengan rasa hormat. Staregi strategi switching barriers untuk loyalitas pasien berbasis perilaku caring perawat antara lain : (1) Memperkenalkan diri pada awal pertemuan memberikan pelayanan asuhan keperawatan, (2) Mempertahankan kontak mata, (3) Menjaga privasi pasien, (4) Cepat tanggap, (5) Senyum dan berbicara dengan suara lembut dan jelas, (6) Meluangkan waktu mendengarkan keluhan dan perasaan pasien, (7) Menunjukkan rasa empati, (8) Menjelaskan prosedur tindakan yang akan dilakukan, (9) Melakukan terminasi setiap akhir berinteraksi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Rumah Sakit Paru untuk meningkatkan penerapan perilaku caring perawat dan membuat kebijakan yang mendukung penerapan perilaku caring perawat sebagai upaya meningkatkan loyalitas pasien.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58904
    Collections
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula [260]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository