EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD
View/ Open
Date
2013Author
Hubaisy, Zarrin
Suharsono, Agus
Budi Helpiastuti, Selfi
Metadata
Show full item recordAbstract
Organisasi publik adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga
orientasi organisasi publik adalah untuk melayani masyarakat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan salah satu
bentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap
Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam menyelenggarakan pemerintahan dan membiayai pembangunan di daerah. Bentuk
pelayanan jasa yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah pemberian jasa dalam pelayanan
penyediaan air bersih kepada masyarakat khususnya masyarakat yang menggunakan jasa air dari PDAM itu sendiri Dalam
rangka meningkatkan pelayanan air bersih pada masyarakat dan pengembangan perusahaan serta semakin meningkatkan
teknologi maka perlu adanya pengukuran kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo. Alat ukur
Balance Scorecard mencoba melakukan pendekatan yang mengukur kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan empat
aspek atau perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan.
Collections
- SRA-Social And Politic [333]