ANALISIS BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X BERDASARKAN RUMUSAN KURIKULUM 2013
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Siswa Kurikulum 2013
untuk kelas X Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didahului dengan
pengembangan instrumen analisis kesesuaian buku. Pendeskripsian pada penelitian
ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai isi buku siswa
matematika kelas X. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian
buku, serta lembar validasi analisis kesesuaian buku. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data
hasil validasi instrumen dan hasil analisis kesesuaian buku.
Berdasarkan data hasil validasi instrumen analisis, maka diperoleh bahwa
instrumen tersebut valid dengan koefisien kevalidan 3,25. Maka instrumen analisis
tersebut dapat digunakan tanpa dilakukan revisi. Selanjutnya dilakukan analisis
kesesuaian buku menggunakan instrumen analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa
kesesuaian kompetensi buku sebesar 80,46% dengan kategori baik, kesesuaian materi
sebesar 81,06% dengan kategori baik, kesesuaian dengan pendekatan scientific
sebesar 95,83% dengan kategori sangat baik, dan kesesuaian dengan penilaian
autentik sebesar 88,80% dengan kategori sangat baik.