HUBUNGAN ANTARA PERAN TUTOR DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI EKSTRINSIK PADA WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT BINA SEJAHTERA KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2014
Abstract
Berdasarkan pemaparan di atas Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan Karena rhitung > dari rtabel maka hasil uji tersebut membuktikan bahwa antara variabel X dan Y terdapat hubungan positif yang signifikan. Sehingga hasilnya yaitu Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data di atas maka dapat disimpulkan ada hubungan antara peran tutor sebagai upaya peningkatan motivasi Ekstrinsik warga belajar di PKBM Bina Sejahtera.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka saran yang dapat diberikan kepada Kesetaraan Paket B hendaknya dapat memberikan sarana bagi tutor untuk dapat meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan mengikutsertakan tutor dalam berbagai pelatihan kerja, bagi tutor belajar hendaknya tutor harus benar-benar memperhatikan berbagai kebutuhan belajar warga belajar. bagi warga belajar hendaknya dapat memanfaatkan sumber lain dalam meningkatkan pengetahuan karena ilmu pengetahuan tidak hanya bisa didapat dari tutor saja.