PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KP-RI “KARYA HUSADA” DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEMBER TAHUN 2013
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Untuk menentukan populasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden dalam penelitian menggunakan metode Random Sampling yaitu sebanyak 92 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektivitas garis regresi/koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) secara keseluruhan mempengaruhi variabel terikat (kepuasan anggota). Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung = 331,380> Ftabel = 3,947 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 78,6%,
sedangkan sisanya yaitu 21,4% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti yaitu kualitas produk, harga, promosi, lokasi, dan sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) terhadap Kepuasan Anggota KP-RI “Karya Husada” Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Dari hasil tersebut, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah yaitu bagi pihak KP-RI “Karya Husada” Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, untuk dapat terus menjalankan dan mengembangkan unit usaha yang telah dimiliki terutama dalam hal kualitas pelayanan. Serta bagi anggota, untuk terus berperan aktif dalam berpartisipasi pada KP-RI “Karya Husada” Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dalam segala kegiatan yang ada pada koperasi tersebut