KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL ANGGOTA MULTI LEVEL MARKETING FASHION DI KOTA JEMBER
Abstract
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi realitas sosial anggota
Multi Level Marketing fashion meliputi : nilai kesuksesan bersama: dalam bisnis
MLM selalu menekankan untuk mencapai kesuksesan bersama antar anggota dalam
jaringannya karena dalam bisnis MLM tidak mungkin bisa meraih kesuksesan jika
hanya menjalankan bisnis sendirian, nilai hubungan saling menguntungkan : terlihat
dari hubungan antara upline dan downline karena kesuksesan upline ditentukan dari
kemampuannya untuk mensukseskan downline dan dengan bantuan upline maka
downline akhirnya mengerti sistem kerja dalam MLM, nilai relasi pertukaran ekonomi
: hubungan sosial yang terjalin antar anggota dalam MLM berlandaskan pertukaran
ekonomi , nilai bisnis dengan resiko yang rendah : modal yang dibutuhkan untuk
menjalankan bisnis MLM hanya berkisar pada puluhan ribu rupiah saja karena
anggota MLM fashion tidak perlu memiliki stok barang yang banyak, nilai signifikasi
posisi peran upline dan downline : peran upline dalam bisnis MLM sangat penting
karena upline merupakan orang yang paling mengerti cara menjalankan bisnis MLM
dan yang terakhir nilai belajar bersama : dalam bisnis MLM selalu ditekankan untuk
sama-sama belajar melalui pelatihan dalam support sistem.