• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA KARTU JAMKESDA PADA INSTALASI RAWAT INAP DI RSUD Dr. HARYOTO KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Evy Eka Kurniawati - 090910201057_1.pdf (139.3Kb)
    Date
    2014-07-10
    Author
    Evy Eka Kurniawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan indeks kepuasan masyarakat pengguna kartu jamkesda pada instalasi rawat inap yang diberikan oleh RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang dengan menggunakan Indeks Kepuasan Kasyarakat (IKM). IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran data secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Indeks kepuasan masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur IKM yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan. Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah pasien yang telah mendapatkan pelayanan sebanyak 158 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2013 di RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden, sebagian besar umur responden termasuk ke dalam kategori yaitu usia 21- 40 tahun, jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan mayoritas tergolong pendidikan SMP dan pekerjaan sebagian besar berprofesi sebagai petani. Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 72,75 yang termasuk kategori baik. Unsur kepuasan pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi adalah unsur kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan dan kepastian biaya pelayanan yaitu sebesar 3,00 dan unsur terendah adalah unsur kenyamanan lingkungan yaitu sebesar 2,75.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58156
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository