ANALISIS PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN HARGA SAHAM TERHADAP VOLUME PENJUALAN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh dari tingkat profitabilitas dan harga saham terhadap volume penjualan saham perusahaan sektor makanan dan minuman. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham perusahaan makanan dan minuman selama tahun 2010 sampai tahun 2012. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama tahun 2010-2012. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling. Metode statistika yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio profitabilitas yang teridiri dari net profit margin, return on assets dan earning per share berpengaruh terhadap volume penjualan saham. Sedangkan harga saham tidak berpengaruh terhadap volume penjualan saham.