MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 14 JEMBER
Abstract
Hasil analisis data aktivitas belajar siswa kelas IX D diperoleh sebagai berikut: tahap pra-siklus 21,57% termasuk kriteria kurang aktif, siklus I 66,27% termasuk kriteria aktif dan siklus II 79,81% termasuk kriteria aktif. Jadi, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I sebesar 44,70% dan pada siklus II sebesar 13,54%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan berturut – turut pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1, dan siklus 1 ke siklus 2 dengan hasil perolehan nilai gain sebesar 0,35 termasuk dalam kategori sedang, nilai gain sebesar 0,28 yang berarti peningkatan dalam kategori rendah.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas IX D SMP Negeri 14 Jember dan (2) Model Problem Based Instruction (PBI )dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas IX D SMP Negeri 14 Jember.