PENGARUH KETEPATAN IMPLEMENTASI METODE DAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN MAHASISWA PPL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI DI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
Abstract
Hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil ketepatan implementasi metode dan
kualitas media pembelajaran yang digunakan mahasiswa PPL Biologi menunjukkan
adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Rerata implementasi metode
pembelajaran yang diperoleh tergolong tepat yaitu 67,98%, rerata kualitas media
pembelajaran yang diperoleh tergolong tepat yaitu 69,11% dan rerata hasil belajar
sebesar 70,74. Dari hasil analisis regresi, diperoleh hasil bahwa faktor implementasi
metode dan kualitas media pembelajaran memiliki nilai signifikasi lebih kecil dari
0,05 (p<0,05) yaitu 0,032.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif ketepatan
implementasi metode dan kualitas media pembelajaran yang digunakan mahasiswa
PLL Biologi terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII semester gasal tahun
pelajaran 2013/2014 di SMPN Negeri di Kabupaten Jember. Pengaruh tersebut
disebabkan oleh ketepatan implementasi metode pembelajaran, penggunaan metode
pembelajaran yang bervariasi, kualitas media pembelajaran serta pemanfaatannya
yang dapat membuat siswa aktif, termotivasi dan berminat dalam mengikuti
pembelajaran di kelas. Dengan demikian, ketepatan implementasi metode
pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil
belajar IPA Biologi.