• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM GERAK MANUSIA BERBASIS PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rizka Elan Fadilah - 090210103038_1.pdf (88.37Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Rizka Elan Fadilah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D (four-D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang dilaksanakan hingga tahap pengembangan (develop) saja. Uji coba penelitian dilaksanakan di 3 SMA di Kabupaten Jember, yaitu SMA Negeri 1 Jember, SMA Negeri 3 Jember, dan SMA Negeri 1 Pakusari. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi bahan ajar, data hasil pengisian angket keterbacaan dan tingkat kesulitan bahan ajar, data tingkat penguasaan konsep siswa berupa nilai tes evaluasi, serta data hasil pengisian angket respon siswa. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi sebesar 75% dengan kategori layak; rata-rata hasil validasi ahli pengembangan sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak; rata-rata hasil validasi ahli media sebesar 76,6% dengan kategori layak; dan rata-rata hasil validasi oleh guru sebesar 87,8% dengan kategori sangat layak. Sedangkan rata-rata hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan bahan ajar mencapai 86,5% dengan kategori sangat layak. Rata-rata data hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar mencapai 77% dengan kategori layak. Bahan ajar sistem gerak manusia berbasis peta konsep mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai tes evaluasi yang semakin meningkat. Rata-rata hasil tes evaluasi pada pertemuan pertama sebesar 68.70, pertemuan kedua sebesar 77.70, dan pertemuan ketiga sebesar 82.76 dengan rerata peningkatan sebesar 9.00 pada tes evaluasi pertama dan kedua, 5.06 pada pada tes evaluasi kedua dan ketiga.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57304
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository