PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) terhadap AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR SISWA (Mata Pelajaran Biologi Sub-pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas XI Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 MAN 1 Jember)
Abstract
Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan menggunakan
analisis kovarian (ANAKOVA) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI
(group investigation) menggunakan strategi inkuiri terbimbing (guided inquiry)
terhadap hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan ranah afektif dianalisis dengan uji t
dengan derajat kepercayaan 95% (p<0,05) dengan bantuan software SPSS 17,0.
Berdasarkan hasil analisis LSD pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar
perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki taraf signifikasi
0,03 yang berarti kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat
perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Rerata aktifitas belajar
siswa pada kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 72,21 dan pada
pertemuan kedua sebesar 69,85, sedangkan kelas kontrol pada pertemuan pertama
sebesar 69,03 dan pada pertemuan kedua sebesar 68,06 dengan uji t menunjukkan
signifikansi sebesar 0,03 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan perlakuan
terhadap aktivitas belajar siswa. Secara keseluruhan siswa kelas eksperimen lebih
aktif dibandingkan dengan kelas kontrol.
Penelitian yang telah dilakukan ini membuktikan bahwa model grup
investigasi menggunakan strategi inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan
terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa ranah kognitif.