• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) terhadap AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR SISWA (Mata Pelajaran Biologi Sub-pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas XI Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 MAN 1 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    DHANIEL LIBRIANTO - 090210103063_1.pdf (1.278Mb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Dhaniel Librianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI (group investigation) menggunakan strategi inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan ranah afektif dianalisis dengan uji t dengan derajat kepercayaan 95% (p<0,05) dengan bantuan software SPSS 17,0. Berdasarkan hasil analisis LSD pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki taraf signifikasi 0,03 yang berarti kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Rerata aktifitas belajar siswa pada kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 72,21 dan pada pertemuan kedua sebesar 69,85, sedangkan kelas kontrol pada pertemuan pertama sebesar 69,03 dan pada pertemuan kedua sebesar 68,06 dengan uji t menunjukkan signifikansi sebesar 0,03 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan perlakuan terhadap aktivitas belajar siswa. Secara keseluruhan siswa kelas eksperimen lebih aktif dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian yang telah dilakukan ini membuktikan bahwa model grup investigasi menggunakan strategi inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa ranah kognitif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57291
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository