• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA POKOK BAHASAN LIMBAH DAN PENANGANANNYA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

    Thumbnail
    View/Open
    Anjar Putro Utomo - 090210103001_1.pdf (192.8Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Anjar Putro Utomo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMK yaitu SMKN 1 Jember, SMKN 5 Jember, dan SMK NURIS Jember. Berdasarkan hasil validasi, diketahui rata-rata persentase nilai yaitu 87,05%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Meskipun buku siswa telah mencapai kategori sangat valid, namun ada beberapa perbaikan kecil-kecilan berdasarkan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan pada 9 orang siswa kelas XI yang belum pernah mendapatkan materi limbah dan penanganannya. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,12% siswa mengatakan mudah dan sisanya 19,88% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata persentase 85,40% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sedangkan hanya 14,60% yang tidak merespon positif. Artinya siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku siswa yang dikembangkan telah membahas materi limbah dan penanganannya secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan sangat valid.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57288
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository