PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN AUTHENTIC ASSESMENT ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN Jember 3 Semester Ganjil Tahun 2013/2014 Pada Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi Berdasarkan Mekanisme Debit Dan Kredit Ke Dalam Jurnal Umum)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan authentic assesment dapat
meningkatkan hasil belajar, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I,
diketahui skor rata-rata performansi belajar sebesar 78,37 (kategori aktif) dan
mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,6 (kategori sangat aktif). Skor ratarata
afektif belajar pada siklus I sebesar 2,3 (dengan kategori sedang) dan mengalami
peningkatan pada siklus II sebesar 2,7 (kategori tinggi). Hasil belajar siswa pada
siklus I sebesar 75,5 (tuntas secara individual) dan pada siklus II hasil belajar
siswa meningkat menjadi 79,3(tuntas secara individual dan klasikal). Hasil penelitian
ini menunjukkan dengan pengunaan authentic assesment dapat meningkatkan hasil
belajar. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi MAN 3 Jember bahwa,
penggunaan authentic assesment dapat dijadikan penilaian yang dapat digunakan
untuk penilaian hasil belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa terhadap suatu
materi yang diajarkan.