STATUS MARIO TEGUH DI JEJARING SOSIAL FACEBOOK: SEBUAH TINJAUAN BENTUK RETORIKA, DIKSI, DAN GAYA BAHASA
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk retorika yang paling banyak
ditemukan dalam status Mario Teguh di jejaring sosial Facebook adalah bentuk
retorika pengarahan ulasan nasihat. Ciri khas dari ulasan nasihat Mario Teguh
adalah menggunakan kalimat imperatif yang ditandai kata jangan yang bermakna
larangan, dan menggunakan kalimat ajakan yang ditandai kata marilah dan
cobalah. Mario Teguh juga menggunakan partikel –lah yang dibubuhkan pada
kata jangan untuk menegaskan larangan yang diberikan, menggunakan partikel –
lah yang dibubuhkan pada kata mari dan coba untuk menegaskan ajakan yang
disampaikan. Diksi yang paling banyak ditemukan dalam status Mario Teguh di
jejaring sosial Facebook adalah diksi konotasi. Kata bermakna konotasi yang
paling banyak ditemukan adalah kata hati. Pemilihan kata hati disebutkan
sebanyak 22 kali. Kata hati pada status Mario Teguh di jejaring sosial Facebook
bermakna sesuai dengan kata yang mengikuti dan topik pesan yang dituliskan.
Gaya bahasa yang paling banyak ditemukan dalam status Mario Teguh di jejaring
sosial Facebook adalah repetisi. Pengulangan bagian kalimat yang dianggap
penting dalam status Mario Teguh di jejaring sosial Facebook bertujuan
memperjelas makna yang disampaikan.