HUBUNGAN ANTARA LIFE SKILL EDUCATION DENGAN KECENDERUNGAN SIKAP BERWIRASWASTA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID KARANG ANYAR PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2014
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan
metode populasi sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, koefisien kongtingungsi, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Life Skill Education ada hubungan
dengan kecenderungan sikap berwiraswasta. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan
menggunakan uji F menghasilkan F
hitung
(108,303) > F
(4,18) dengan tingkat taraf
signifikan α = 0.05 > 0.000 dan koefisien determinasi (R
tabel
) sebesar 78,9% yang berarti
bahwa variabel program Life Skill Education memberikan proporsi sumbangan sebesar
78,9% terhadap sikap berwiraswasta.
square
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa program Life Skill Education
memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap berwiraswasta. Hal ini dikarenakan
segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Life Skill Education tersebut,
diharapkan mampu memberikan keterampilan, kemampuan, dan keahlian bagi para alumni
yang sangat dibutuhkan pada saat mereka mencari pekerjaan setelah lulus.