PENERAPAN MEDIA VIDEO UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN TEMA PERMAINAN MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SEJARAH UANG PADA SISWA KELAS III SDN JATISARI 01 TEMPEH LUMAJANG
Abstract
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan motivasi belajar
siswa yang semula pada pra siklus sebesar 40,17%, meningkat menjadi 45% pada
siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 59%. Hasil belajar siswa
pada pra siklus sebesar 37,93%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi
48,28%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,76%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media video dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III
pokok bahasan sejarah uang di SDN Jatisari 01 Tempeh Lumajang. Saran untuk
guru, dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk pihak sekolah, dapat
memberikan sumbangan pemikiran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa. Saran untuk peneliti yang lain, bagi peneliti lain,
diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan
pembelajaran dan pengalaman untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.