PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 02
Abstract
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa
pada saat sebelum tindakan sebesar 31,75%, meningkat menjadi 65,5% pada siklus I,
dan pada siklus II meningkat menjadi 78,75%. Hasil belajar siswa pada saat sebelum
tindakan sebesar 24,3%, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 70,3%, dan pada
siklus II meningkat menjadi 97,3%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui
metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B
SDN Jember Lor 02 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat benda padat, cair,
dan gas. Saran bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan dalam memilih metode pembelajaran sebagai upaya untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan materi
yang berbeda.