• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN KEPATIHAN 06 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Wahyu - 100210204036_1.pdf (88.12Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Dwi Wahyu Hastuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS melalui metode inkuiri pada pokok bahasan kegiatan ekonomi di kelas VA terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari pembelajaran melalui metode inkuiri mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus sebesar 51% meningkat menjadi 69,4% pada siklus I. Peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus ke siklus I sebesar 18,4%. Sementara, setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 16,6% dari siklus I sebesar 69,4% menjadi 86% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan siklus sebesar 37,5% meningkat menjadi 90% pada siklus I. Peningkatan sebelum pelaksanaan siklus ke siklus I sebesar 52,5%. Sementara, ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 97,5%, dengan peningkatan sebesar 7,5%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran IPS melalui metode inkuiri pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kepatihan 06 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57173
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15331]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository