• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI KELAS VA SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Dedy Widoyo - 100210204026_1.pdf (57.93Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Dedy Widoyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar pada tahap prasiklus ialah jumlah siswa sangat baik 2 siswa, baik 8 siswa, dan cukup baik 12 siswa dengan nilai rata-rata 63. Analisis hasil belajar siswa pada tahap prasiklus mengalami ketuntasan belajar sebesar 45%. Kemudian pada tahap siklus I jumlah siswa sangat baik 11 siswa, baik 8 siswa, dan cukup baik 3 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78 dan mengalami ketuntasan belajar sebesar 87%. Selanjutnya pada tahap siklus II jumlah siswa sangat baik 15 siswa, baik 6 siswa, dan cukup baik 1 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80 dan mengalami ketuntasan belajar sebesar 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan metode open-ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS pokok bahasan suku bangsa dan budaya. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan metode open-ended sebagai alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57170
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository