PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN RAMBIGUNDAM 02 JEMBER POKOK BAHASAN DAUR HIDUP BERAGAM JENIS MAKHLUK HIDUP
Abstract
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan motivasi belajar siswa
yang semula pada pra siklus sebesar 39,25% dengan kriteria kurang, meningkat
menjadi 59,18% pada siklus I dengan kriteria cukup, dan pada siklus 2 semakin
meningkat menjadi 70,88% dengan kriteria tinggi. Hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan yaitu 51,35% pada pra siklus, meningkat menjadi 70,59%
pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 88,24%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) dengan media video dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rambigundam 02 Jember pada pokok bahasan
daur hidup beragam jenis makhluk hidup. Saran-saran yang diberikan bagi guru
berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
TGT dapat dijadikan alternatif pembelajaran khususnya IPA karena dapat membuat
siswa tertarik dan senang mengikuti proses pembelajaran.