• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DISERTAI LEMBAR KERJA LAPANGAN (LKL) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    SAKIINATUS SAJADAH - 090210102009_1.pdf (180.1Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Sakiinatus Sajadah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil pengujian Independent Samples T-test pada software SPSS 16 diperoleh P = 0,002 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP. Hasil analisis aktivitas belajar siswa termasuk dalam kriteria aktif dengan persentase rata-rata sebesar 79,43%. Hasil analisis retensi hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) sama tinggi dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) yaitu pada kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP, (2) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) termasuk dalam kriteria aktif, dan (3) retensi hasil belajar fisika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif group investigation disertai Lembar Kerja Lapangan (LKL) sama tinggi dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) yaitu pada kriteria sangat baik. Walaupun kriteria retensi hasil belajar kelas eksperimen sama tinggi dengan kelas kontrol, tetapi hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56464
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository