• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Karlita Rosanti - 080210192016_1.pdf (671.6Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Karlita Rosanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah yang diuji dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran fisika di SMP, dan (2) aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Singojuruh-Banyuwangi. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu uji efektifitas dan uji aktivitas belajar siswa.Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa dapat mempengaruhi tingkat keefektifan suatu model pembelajaran yang diterapkan pada suatu pembelajaran. Skor efektifitas pembelajaran yang diperoleh secara klasikal sebesar  = 77,13%, jika disesuaikan dengan kriteria efektifitas maka model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) tergolong efektif sedangkan dilihat dari data observasi yang telah dilakukan selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berlangsung diperoleh data yaitu pada pertemuan I presentase keaktifan belajar siswa sebesar 69,77%, pada pertemuan kedua sebesar 78,71% dan rata-rata presentase keaktifan belajar siswa pertemuan I dan II yaitu sebesar 74,24%, jika disesuaikan dengan kriteria keaktifan belajar siswa maka aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran tergolong aktif. Secara umum dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Hukum Newton pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Singojuruh. (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran Problem Based instruction (PBI) tergolong aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56456
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository