MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Masalah yang diuji dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran fisika di SMP, dan (2) aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Singojuruh-Banyuwangi. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu uji efektifitas dan uji aktivitas belajar siswa.Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa dapat mempengaruhi tingkat
keefektifan suatu model pembelajaran yang diterapkan pada suatu pembelajaran. Skor
efektifitas pembelajaran yang diperoleh secara klasikal sebesar = 77,13%, jika
disesuaikan dengan kriteria efektifitas maka model pembelajaran Problem Based
Instruction (PBI) tergolong efektif sedangkan dilihat dari data observasi yang telah
dilakukan selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based
Instruction (PBI) berlangsung diperoleh data yaitu pada pertemuan I presentase
keaktifan belajar siswa sebesar 69,77%, pada pertemuan kedua sebesar 78,71% dan
rata-rata presentase keaktifan belajar siswa pertemuan I dan II yaitu sebesar 74,24%,
jika disesuaikan dengan kriteria keaktifan belajar siswa maka aktivitas belajar siswa
selama mengikuti pembelajaran tergolong aktif.
Secara umum dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem
Based Instruction (PBI) efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Hukum
Newton pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Singojuruh. (2) aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran Problem Based
instruction (PBI) tergolong aktif.