• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL TERHUBUNG (CONNECTED MODEL) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BALUNG JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Hendri Apriyadi Afandi - 060210103059_1.pdf (290.6Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Hendri Apriyadi Afandi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran terpadu model terhubung dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri2 Balung Jember. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket motivasi ARCS yang diberikan pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil angket ARCS, peningkatan persentase motivasi belajar siswa pada aspek attention meningkat sebesar 28,95% dari 18,42% menjadi 47,37% kategori cukup baik, aspek relevance meningkat sebesar 44,74% dari 36,84% menjadi 81,58% kategori baik, aspek confidence meningkat sebesar 34,21% dari 21,05% menjadi 55,26% kategori baik, dan aspek satisfaction meningkat sebesar 44,74% dari 42,1% menjadi 86,84% kategori baik. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari dari nilai tes di setiap akhir siklus. Pada siklus I hasil belajar kognitif diperoleh 22 siswa (57,89%) dari 38 siswa yang nilainya  60, perolehan ini masih belum mencapai ketuntasan belajar yaitu 85%. Pada siklus II hasil belajar kognitifnya diperoleh 30 siswa (78,95%) dari 38siswa yang nilainya  60, dengan rata-rata kelas 67,34. Perolehan ini juga belum mencapai ketuntasan belajar, akan tetapi pada siklus II ini sudah terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 6,13 (21,06%). Dari hasil penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran terpadu model terhubung (Connected Model) dapat digunakan sebagai alternative dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56441
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository