PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH MASA ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) DI SDN SUKORAMBI 04 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorambi 04 Kecamatan Sukorambi
Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh
siswa kelas V SDN Sukorambi 04 dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari atas
13 laki-laki dan 20 perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas V. Desain
penelitian menggunakan model skema spiral dari Kurt Lewin dengan tahapan
penelitian tindakan yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN Sukorambi 04
Jember dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: pada sebelum tindakan rata-rata
tingkat motivasi yaitu 2.03 (kategori rendah), siklus I yaitu 2.21 dengan (kategori
sedang), sedangkan rata-rata tingkat motivasi siswa siklus II yaitu 2.80 (kategori
tinggi). Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menerapkan dan
mengembangkan teknik Make A Match ini pada mata pelajaran lain sebagai acuan
dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Selain itu, teknik Make A
Match sebaiknya sering dilakukan dalam proses belajar mengajar untuk
menciptakan pembelajaran yang berkualitas.