PENGARUH PERSEPSI WARGA BELAJAR TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR PAMONG BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS XII KELOMPOK BELAJAR PAKET C SKB BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jumlah responden 20 warga belajar yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di program Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso. Sumber datanya
adalah warga belajar kelas XII Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik perhitungan Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai regresi sebesar 4,296 yang apabila nilai tersebut di ubah dalam bentuk nilai prosentase dengan dikali 100 maka menghasilkan nilai regresi sebesar 43%. Dengan demikian, berarti 43% minat belajar sebagai variabel dependen (Y) dipengaruhi oleh variabel independen (X) yaitu persepsi warga belajar tentang keterampilan mengajar pamong. Kemudian setelah dikonsultasikan pada tabel perhitungan regresi linier sederhana, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001. Dan nilai tersebut dibawah taraf batas signifikan sebesar 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh antara persepsi warga belajar tentang keterampilan mengajar pamong belajar terhadap minat belajar matematika kelas XII paket C SKB Bondowoso Tahun pelajaran 2013-2014.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...