INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DALAM PEMBUATAN DOKUMEN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS II KABUPATEN JEMBER 2012
Abstract
Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif, sampel penelitian adalah pemohon yang telah
mendapatkan pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai
September 2013 di Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis meliputi teknik
wawancara, teknik kuesioner, dan teknik dokumentasi. Adapun data yang
diperoleh penulis adalah berupa data yang berkaitan dengan deskripsi wilayah
kerja, jumlah pemohon paspor, dan pelayanan yang disediakan oleh pihak Kantor
Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
data kuantitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa unsur IKM yang
memperoleh nilai tertinggi adalah unsur kejelasan petugas pelayanan, kemampuan
petugas pelayanan, dan unsur kesopanan dan keramahan petugas pelayanan yang
memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu sebesar 6,60. Sedangkan unsur terendah
adalah unsur prosedur pelayanan yang memiliki nilai rata-rata terendah yaitu
sebesar 2,96. IKM diperoleh nilai sebesar 84,5 yang termasuk kategori sangat
baik.