• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ganjar Muktiaji_1.pdf (181.0Kb)
    Date
    2014-03-18
    Author
    Ganjar Muktiaji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang terdiri dari Understanding Customer Expectation, Building Service Partnership, Total Quality Management, dan Empowering Employees terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jember. Populasi penelitian adalah nasabah BRI cabang Jember. Sampel penelitian berjumlah 100 responden, diperoleh dengan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan data primer berupa jawaban dari kuesioner penelitian yang diperoleh dari responden yang menjadi sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan pada perhitungan dengan analisis jalur, variabel independen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel Customer Satisfaction (Z) adalah variabel Building Service Partnership (X2) yaitu sebesar 0,470. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel Customer Loyalty (Y) adalah variabel Customer Satisfaction (Z) yaitu sebesar 0,657. Variabel independen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel Customer Loyalty (Y) melalui variabel intervening Customer Satisfaction (Z) adalah variabel Building Service Partnership (X2) sebesar 0,6368. Dengan demikian variabel Building Service Partnership merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Customer Loyalty baik secara langsung maupun dengan melalui perantara Customer Satisfaction. Sedangkan variabel Total Quality Management berpengaruh paling kecil terhadap Customer Loyalty baik secara langsung maupun dengan melalui perantara Customer Satisfaction. Hasil penelitian membuktikan bahwa relationship marketing yang terdiri dari Understanding Customer Expectation, Building Service Partnership, Total Quality Management, dan Empowering Employees berpengaruh singnifikan terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/55959
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12455]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository