• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Yeni Manzilatul M.pdf (400.2Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Yeni Manzilatul M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan pembelajaran dalam pendidikan. Seorang siswa harus mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk menggerakkan semangat belajarnya. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa yang didasarkan pada hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Guru harus mempunyai keterampilan dasar mengajar dalam proses pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus guru miliki adalah keterampilan memberi penguatan. Motivasi belajar dan penguatan oleh guru diperlukan untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Permasalahan yang timbul adalah: Adakah pengaruh yang signifikan dari variabel motivasi belajar dan penguatan oleh guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)? Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri Balung semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan penentuan responden dengan menggunakan metode populasi sejumlah 78 siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode angket, obaservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, dimana analisis inferensial meliputi analisis regresi linier berganda, varian garis regresi, uji F dan uji t. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan penguatan oleh guru mempunyai pengaruh yang simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 195,563 > Ftabel sebesar 3,12 dengan tingkat  = 0,05 > Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel motivasi belajar dan penguatan oleh guru secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 83,9 %. Hasil uji t dan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah motivasi belajar (X 1 ) t hitung = 8,836 > t = 1,99, penguatan oleh guru (X 2 ) t hitung = 4,466 > t tabel viii tabel = 1,99. Dari hasil penelitian ini yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar adalah motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan sumbangan masing-masing variabel motivasi belajar 57,27 % sedangkan penguatan oleh guru 26,65 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan penguatan oleh guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Balung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5570
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository