IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS.1 Semester Genap SMA Pahlawan Jember Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan APBN dan APBD Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Pembelajaran kooperatif telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai
penelitian, tujuannya untuk meningkatkan kerjasama akademik antar siswa,
membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan
kemampuan akademik melalui aktivitas kelompok. Dalam pembelajaran kooperatif
terdapat saling ketergantungan positif di antara siswa untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa adalah metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD dicirikan oleh suatu struktur tugas, tujuan dan
penghargaan kooperatif. Siswa bekerjasama dalam situasi semangat pembelajaran
kooperatif seperti membutuhkan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dan
mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugas. Selain itu, pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep
ekonomi yang menurut mereka cukup sulit, serta menumbuhkan kemampuan
bekerjasama, berpikir kritis, tanggung jawab, dan mengembangkan sikap sosial siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas XI IPS.1
semester genap SMA Pahlawan Jember tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan
viii
dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, metode wawancara, dan dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penerapan
metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat membantu peningkatan
keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar.
Dalam kriteria kemampuan berpikir kritis selama melakukan observasi dan penelitian
sudah mencapai target yaitu tingkat yang tinggi, yaitu kemampuan menganalisis
meningkat hingga 74%, kemampuan mensintesis meningkat sebesar 78%,
kemampuan mengenal dan memecahkan masalah meningkat sebesar 55%,
kemampuan mengevaluasi/menilai meningkat sebesar 31% serta kemampuan
menyimpulkan juga meningkat sebesar 43%. Kemudian pada motivasi belajar siswa
juga mengalami peningkatan tinggi pula, yaitu minat dan perhatian siswa terhadap
pelajaran sebesar 67%, semangat belajar siswa untuk mengerjakan tugas-tugas
belajarnya meningkat sebesar 87%, tanggung jawab siswa terhadap tugas belajarnya
meningkat sebesar 70%, rasa senang siswa terhadap tugas yang diberikan oleh guru
meningkat sebesar 72%, serta reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh
guru juga meningkat sebesar 74%. Sehingga telah menunjukkan bahwa masingmasing
indikator kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan yang sangat signifikan.