• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN SEMANGAT KERJA PADA SISWA KELAS III SDN TUKUM 02 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Indra Triawan.pdf (551.3Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    INDRA TRIAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilakukan di SDN Tukum 02 Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 19 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 13 Mei 2011 sampai dengan 27 Mei 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan skor tes. Hasil penilaian pada siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 73,68% (kriteria aktif) dengan 2 siswa tergolong sangat aktif, 12 siswa tergolong aktif dan 5 siswa tergolong kurang aktif. Untuk pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai 78,95% (kriteria sangat aktif) dengan 4 siswa tergolong sangat aktif, 11 siswa tergolong aktif dan 4 siswa tergolong kurang aktif. Siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 84,21% (kriteria sangat aktif) dengan rincian 6 siswa tergolong sangat aktif, 10 siswa tergolong aktif dan 3 siswa tergolong kurang aktif. Untuk pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai 89,47% dengan rincian 11 siswa tergolong sangat aktif,6 siswa tergolong aktif dan 2 siswa tergolong kurang aktif. Analisis hasil tes akhir siklus I mencapai 84,21% dengan rata-rata skor 74,2 (kriteria tuntas) dengan 16 siswa tergolong tuntas dan 3 siswa tergolong tidak tuntas. Tes akhir siklus II mencapai 89,47% dengan ratarata skor 82,6 dengan 17 siswa tergolong tuntas dan 2 siswa tergolong tidak tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif, menarik minat, dan menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2) pembelajaran dengan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Diharapkan pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS di kelas sebagai upaya untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5552
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository