Show simple item record

dc.contributor.authorSusiyanto
dc.date.accessioned2013-12-06T03:03:01Z
dc.date.available2013-12-06T03:03:01Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210391241
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5539
dc.description.abstractKeberadaan guru mempunyai peranan penting didalam menentukan keefektifan proses belajar mengajar dan pencapaian tujuan sekolah, sehingga guru dituntut untuk dapat menampilkan kinerjanya secara optimal. Tinggi rendahnya pencapaian kinerja guru tersebut tidak terlepas dari pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, sehingga kepala sekolah juga dituntut untuk dapat menerapkan gaya kepemimpinannya secara tepat, apakah dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang otoriter maupun yang demokrasi . Selain faktor kepemimpinan, pemberian motivasi oleh kepala sekolah juga merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi kinerja guru didalam proses mengajar, dimana seseorang guru akan lebih bersemangat dan lebih rajin lagi bila ada perhatian dan dorongan di dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap peningkatan Kinerja guru di SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun 2011. Metode penentuan lokasi penelitian secara purposive yaitu di SMAN Plus Sukowono, metode penentuan responden dengan studi populasi yaitu semua guru yang berjumlah 30 orang, sedangkan metode pengumpulan datanya melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala sekolah secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun 2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan dimana F ( 78,66 > 3,35 ) dengan α 0,05 > Sig F 0,000 dan koefisien determinasi ( Rsquare) hitung > F tabel sebesar 0,854 yang berarti gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala sekolah memberikan sumbangan sebesar 0,85 % terhadap peningkatan kinerja guru. Besarnya proporsi sumbangan gaya kepemimpinan yang bertipe demokrasi sebesar 53,58% sedangkan pemberian motivasi kepala sekolah sebesar 31,74 %,. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar diberikan olah gaya kepemimpinan yang bertipe demokrasi sebesar 53,58%. Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391241;
dc.subjectMotivasi Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guruen_US
dc.titlePENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU (Studi Kasus pada Guru di SMAN Plus Sukowono tahun 2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record