Pengembangan Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Kbk Model Spices Pada Program Pendidikan Dokter
Abstract
Latar belakang. Sejak tahun 2006 Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) telah menerapkan KBK model SPICES ternyata belum cukup mendorong belajar mandiri peserta didik dan meningkatkan prestasi belajarnya. Mahasiswa FK Unej memiliki karakteristik unik yang memerlukan modul pembelajaran khusus agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan mengembangkan belajar mandiri peserta didik di FK Unej melalui penyusunan modul pembelajaran yang mendorong belajar mandiri mereka.
Metoda. Disain penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research) yang terbagi dalam tiga tahap kegiatan tahunan. Pada tahun kedua ini dilakukan penyusunan rancangan modul pembelajaran dengan menggunakan metoda diskusi kelompok terarah terhadap perwakilan dosen dengan triangulasi perwakilan peserta didik dan Nominal Group Technique (NGT) yang menghadirkan pakar bidang ilmu yang sesuai dengan modul terpilih. Selanjutnya dilakukan uji coba modul, evaluasi dan penyempurnaan.
Hasil. Hasil akhir dari penelitian ini adalah tersusunnya modul pembelajaran yang efektif dalam mendorong belajar mandiri dan nantinya menjadi prototype untuk modul-modul yang lain.
Simpulan. Modul pembelajaran yang disusun berdasarkan karakteristik mahasiswa serta masukan dari mahasiswa dan dosen akan lebih efektif untuk mendorong mahasiswa belajar mandiri dan mencapai tujuan pembelajaran.
Kata Kunci :
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]