• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN RESIPROKAL PADA SISWA KELAS V SDN SUMBER PANDAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Hendra Pratisnojati S.M..pdf (538.6Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Hendra Pratisnojati S.M.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar membaca cerpen siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 setelah diterapkan pembelajaran resiprokal mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan membaca siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 54 dan siswa yang mendapat nilai 60 (tuntas) sebanyak 5 orang (35,7%). Pada siklus I setelah diterapkan pembelajaran resiprokal dalam pembelajaran membaca cerpen terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 62,5 dan siswa yang mendapat nilai 60 (tuntas) sebanyak 10 orang (71,4 %). Pada siklus II nilai rata-rata siswa 76,7 dan siswa yang mendapat nilai 60 (tuntas) sebanyak 13 orang (93 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan membaca cerpen siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 setelah diterapkan pembelajaran resiprokal mengalami peningkatan. Saran-saran yang dapat diberikan : a) bagi guru, jika guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam aspek keterampilan membaca ingin dapat meningkatkan kemampuan membaca siswanya, maka guru dapat menggunakan strategi pembelajaran resiprokal yang dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan membaca siswa. b) bagi siswa, siswa sebaiknya lebih banyak latihan membaca secara bekerjasama dengan temannya, saling membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibacanya, kemudian mengklarifikasinya secara bersama-sama, lalu meringkas hasil membacanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5421
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository