• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Konsumsi dan Tabungan, Siswa Kelas X-5 SMA Negeri Balung Semester Genap Tahun Ajaran 2010/201)

    Thumbnail
    View/Open
    Holifatur Rodiati Ningsih_1.pdf (616.1Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Holifatur Rodiati Ningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya kreativitas siswa kelas X-5 SMA Negeri Balung dapat dilihat dari rendahnya perhatian siswa terhadap pelajaran, banyak siswa yang sering tidak memahami materi yang diterangkan oleh guru, siswa cenderung hanya menerima yang disampaikan oleh guru tanpa berusaha memahami, tidak bertanya pada guru apabila ada materi yang belum dipahami dan siswa kurang aktif dan kritis terhadap materi yang disampaikan. Berdasarkan observasi awal skor rata-rata kreativitas tergolong sangat rendah yaitu sebesar 1,7. Selain kreativitas siswa yang masih rendah, hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa di kelas X-5 di SMA Negeri Balung semester genap tahun ajaran 2010/2011 masih belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai belum mencapai standar ketuntasan minimum (SKM) yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75. Data sekunder mengenai hasil ulangan harian yang diperoleh dari guru mata pelajaran ekonomi, diketahui jumlah siswa 37, yang memiliki ketuntasan belajar adalah 20 siswa. Dengan demikian ketuntasan klasikal 54,1 % dari hasil belajar siswa kelas X-5 lebih rendah dibandingkan kelas X yang lain, dari nilai ketuntasan klasikalnya minimal 75% yang telah mencapai nilai ≥ 75. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri pada mata pelajaran ekonomi kelas X-5 semester genap pada pokok bahasan konsumsi, tabungan dan investasi di SMA Negeri Balung. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode dokumentasi Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada siklus I yang diikuti oleh 37 siswa dapat diketahui bahwa kreativitas siswa kelas X-5 mengalami peningkatan yaitu skor pada pertemuan pertama sebesar 2,4 dikategorikan rendah dan pertemuan kedua dikategorikan sedang dengan skor 2,6. Pada siklus II pertemuan pertama kreativitas siswa mengalami peningkatan yaitu sebesar 3,5 dan pada pertemuan kedua sebesar 3,6. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri. Pada siklus I, dari 37 siswa yang mengikuti ulangan ada 15 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 59,5%. Pada siklus II, dari 37 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 7 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 81,1% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5401
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository