• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Harsia.pdf (270.8Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    HARSIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari proses penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana. Melalui media gambar seri, secara umum setelah digunakan media gambar seri kemampuan siswa dalam menulis karangan saderhana meningkat, dimana siswa mampu menulis karangan sederhana dengan benar sesuai dengan stuktur karangan sederhana. Setelah dirataratakan, pembelajaran menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana. Hal ini nampak dari peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I mencapai 63% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan sebesar 86%. Peningkatan tingkat ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal media gambar seri berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung. Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan minatnya terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar seri sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampauan siswa dalam menulis karangan sederhana dan memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5374
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository