• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS V SDN JATIROWO II MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Ika Mulyaningtias - 090210204025_1.pdf (181.0Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Indah Ika Mulyaningtias
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang muncul di SDN Jatirowo II yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: 1) guru menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan pemahaman materi tentang cerita anak, tanpa melibatkan peran aktif siswa; 2) tanpa ada penjelasan lebih lanjut dari guru, siswa disuruh untuk mengerjakan soal-soal yang sudah diberikan oleh guru; 3) kurang adanya persiapan guru dalam menyajikan soal-soal. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak yaitu guru menerapkan pembelajaran dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), maka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak (fabel). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah proses penerapan strategi DRTA yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SDN Jatirowo II Mojokerto?; 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan strategi DRTA pada materi membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SDN Jatirowo II Mojokerto?; 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa V SDN Jatirowo II Mojokerto melalui strategi DRTA? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan proses penerapan strategi DRTA yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa V SDN Jatirowo II Mojokerto; 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar sisiwa dalam penerapan strategi DRTA pada meteri membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SDN Jatirowo II Mojokerto; 3) untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SDN Jatirowo II Mojokerto melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Jatirowo II Kecamatan Dawarblandong Mojokerto dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) proses penerapan strategi DRTA yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak (fabel) siswa kelas V SDN Jatirowo II Mojokerto adalah a) melakukan apersepsi; b) menyampaikan tujuan pembelajaran; c) menjelaskan sekilas tentang strategi DRTA; d) memprediksi isi cerita anak (fabel) berdasarkan judul (Directed); e) memprediksi cerita anak (fabel) berdasarkan gambar (Directed); f) membaca cerita anak (fabel) (Reading); g) menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi (Thinking); h) membuat ringkasan cerita (activity); i) menyampaikan kembali isi cerita anak (fabel) di depan kelas; j) mengerjakan LKS; k) memberikan kesimpulan dan penguatan terhadap materi yang diajarkan; 2) rata-rata nilai keaktifan siswa pada siklus I sebesar 86, 37, sedangkan pada siklus II sebesar 90, 79. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat diketahui adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 4, 42; 3) rata-rata hasil belajar pada tahap prasiklus sebesar 62, tahap siklus I meningkat menjadi 75 dan tahap siklus II meningkat menjadi 92. Saran yang diajukan yaitu hendaknya guru mempertimbangkan untuk menggunakan strategi DRTA sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, khususnya kemampuan membaca pemahaman cerita anak (fabel) .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5372
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository