• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA DAN SMK (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Genteng dan Siswa Kelas XII Akutansi SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Ajaran 2010-2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Fiki Dwi Yuliastutik.pdf (327.6Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Fiki Dwi Yuliastutik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sikap merupakan kesiapan seseorang dalam memberikan reaksi terhadap suatu rangsangan yang berasal dari luar dirinya. Sikap menunjukan pada suatu yang masih berupa potensi yang sewaktu-waktu dapat mengaktual jika dihadapkan pada rangsangan-rangsangan tertentu. Sikap kewirausahaan harus dimiliki oleh generasi muda seperti pelajar karena mereka adalah penerus pembangunan Negara. Melalui proses pembelajaran, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilan berwirausaha seorang siswa dapat ditingkatkan. Seseorang yang memiliki sikap kewirausahaan tidak suka menggantungkan hidupnya pada orang lain. Pentingnya strategi pembinaan sikap kewirausahaan bagi para pemuda dan pelajar, sehingga ada sekolah-sekolah tertentu (SMK) yang sengaja memasukkan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Sedangkan pada sekolah-sekolah umum seperti SMU, proses pembinaan kewirausahaan bisa diintegrasikan pada mata pelajaran lain seperti ekonomi. Sehingga pengambilan keputusan untuk menjadi seorang wirausaha masingmasing sekolah berbeda karena mereka dari latar belakang keluarga dan sekolah yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara angket dan dokumentasi. Jumlah responden yang diambil secara populasi yaitu siswa SMA Negeri 1 Genteng dan SMK Muhammadiyah 1 Genteng, sedangkan analisis data menggunakan teknik uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa ada perbedaan sikap kewirausahaan antara siswa yang vii PRAKATA Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta karunianya, sehingga penulis diberi kekuatan untuk menyelesaikan proposal skripsi ini dengan judul : “ Perbedaan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA dan SMK ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Genteng dan Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Ajaran 20102011)”. Penyusunan skripsi ini sebagai syarat akhir untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan. Penyelesaian proposal skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak yang sangat berguna bagi penulis. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Drs. Djoko Widodo, M.M selaku dosen pembimbing akademik yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penulisan skripsi ini 2. Prof. Dr. Bambang Hari, P. MA, selaku dosen pembimbing 1 dan Drs. Pramono AS, Dip. Mgt. St, M.Si, selaku dosen pembimbing 2 yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penulisan skripsi ini 3. Seluruh dosen dan karyawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember khususnya Program Studi Pendidikan ekonomi 4. Kepala sekolah dan seluruh guru serta siswa SMA Negeri 1 Genteng dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Genteng yang telah membantu kelancaran penulisan skripsi ini. Penulis menerima kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini. Akhirnya penulis berharap, semoga penyusunan skripsi ini dapat bermanfaat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5369
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II. 

      Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)
      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ...
    • PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) 

      Silvia Agustin (2013-07-30)
      Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ...
    • PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009) 

      LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)
      Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository