PERBEDAAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA DAN SMK (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Genteng dan Siswa Kelas XII Akutansi SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Ajaran 2010-2011)
Abstract
Sikap merupakan kesiapan seseorang dalam memberikan reaksi terhadap
suatu rangsangan yang berasal dari luar dirinya. Sikap menunjukan pada suatu
yang masih berupa potensi yang sewaktu-waktu dapat mengaktual jika
dihadapkan pada rangsangan-rangsangan tertentu. Sikap kewirausahaan harus
dimiliki oleh generasi muda seperti pelajar karena mereka adalah penerus
pembangunan Negara.
Melalui proses pembelajaran, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilan
berwirausaha seorang siswa dapat ditingkatkan. Seseorang yang memiliki sikap
kewirausahaan tidak suka menggantungkan hidupnya pada orang lain. Pentingnya
strategi pembinaan sikap kewirausahaan bagi para pemuda dan pelajar, sehingga
ada sekolah-sekolah tertentu (SMK) yang sengaja memasukkan pendidikan
kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah sebagai mata pelajaran yang berdiri
sendiri. Sedangkan pada sekolah-sekolah umum seperti SMU, proses pembinaan
kewirausahaan bisa diintegrasikan pada mata pelajaran lain seperti ekonomi.
Sehingga pengambilan keputusan untuk menjadi seorang wirausaha masingmasing
sekolah berbeda karena mereka dari latar belakang keluarga dan sekolah
yang berbeda.
Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan
menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara angket dan
dokumentasi. Jumlah responden yang diambil secara populasi yaitu siswa SMA
Negeri 1 Genteng dan SMK Muhammadiyah 1 Genteng, sedangkan analisis data
menggunakan teknik uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,
dapat diketahui bahwa ada perbedaan sikap kewirausahaan antara siswa yang
vii
PRAKATA
Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat serta karunianya, sehingga penulis diberi kekuatan untuk menyelesaikan
proposal skripsi ini dengan judul : “ Perbedaan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA
dan SMK ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Genteng dan
Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Ajaran 20102011)”.
Penyusunan skripsi ini sebagai syarat akhir untuk memperoleh gelar
Sarjana Pendidikan.
Penyelesaian proposal skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan
berbagai pihak yang sangat berguna bagi penulis. Oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada :
1. Drs. Djoko Widodo, M.M selaku dosen pembimbing akademik yang telah
memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penulisan skripsi ini
2. Prof. Dr. Bambang Hari, P. MA, selaku dosen pembimbing 1 dan Drs.
Pramono AS, Dip. Mgt. St, M.Si, selaku dosen pembimbing 2 yang telah
memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penulisan skripsi ini
3. Seluruh dosen dan karyawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember khususnya Program Studi Pendidikan ekonomi
4. Kepala sekolah dan seluruh guru serta siswa SMA Negeri 1 Genteng dan
siswa SMK Muhammadiyah 1 Genteng yang telah membantu kelancaran
penulisan skripsi ini.
Penulis menerima kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini.
Akhirnya penulis berharap, semoga penyusunan skripsi ini dapat bermanfaat.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ... -
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 )
Silvia Agustin (2013-07-30)Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ... -
PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009)
LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...