• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

    Thumbnail
    View/Open
    Ayus Susanto.pdf (4.076Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    yus Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Persepsi dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran akuntansi. Adanya dukungan persepsi yang positip terhadap mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi yang optimal, begitu pula sebaliknya daya dukung dari persepsi yang negatip akan menyebabkan siswa tidak mempunyai keinginan untuk belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dari persepsi dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gambiran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, serta manakah variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa. Metode yang dipakai untuk penentuan tempat penelitian adalah purposive area yaitu SMA Negeri 1 Gambiran kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik populasi, dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistk inferensial dengan menggunakan rumus regresi linier untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi dan motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gambiran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan F hitung > F tabel 8 koefisien determinasi square motivasi belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 82% terhadap hasil belajar. Secara parsial besarnya proporsi sumbangan variabel persepsi motivasi belajar bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel persepsi (
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5330
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository