• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA DALAM KOPERASI SEKOLAH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN PENGALAMAN ORGANISASI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 TANGGUL TAHUN 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    AGUS SUFIANA.pdf (703.7Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    AGUS SUFIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adanya koperasi sekolah sangat penting sekali, mengingat koperasi sekolah merupakan salah satu media pendidikan bagi para siswa untuk belajar melakukan usaha atau latihan berkoperasi, mengembangkan kemampuan berorganisasi, mendorong untuk berinovasi, dan sebagainya. Maka untuk mendukung keberlangsungan koperasi sekolah, dibutuhkan partisipasi aktif dari para siswa, namun pada saat ini peran siswa dalam koperasi sekolah masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan partisipasi siswa laki-laki dan perempuan dalam koperasi sekolah dan juga untuk mengetahui perbedaan yang signifikan partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak memiliki pengalaman organisasi dalam koperasi sekolah (studi kasus pada siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Tanggul Tahun 2010/2011). Apakah ada perbedaan partisipasi antara siswa perempuan dan siswa laki-laki serta antara siswa yang memiliki pengalaman organisasi dengan siswa yang tidak memiliki pengalaman organisasi. Jenis penelitian ini adalah causal comparative dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Jumlah responden adalah 114 siswa yang pengambilannya menggunakan populasi sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil uji normalitas vii menunjukkan bahwa distribusi nilai partisipasi siswa dalam koperasi sekolah adalah normal, dimana nilai Asym. Sig adalah 0,476 jadi probabilitas (Sig.) 0,476 > 0,05. Hasil penelitian manunjukkan bahwa hipotesis pertama yang berbunyi “diduga ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi dalam berkoperasi siswa laki-laki dan perempuan di sekolah” terbukti, dimana t hit > t yaitu 7,061 > 1,982 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam koperasi di sekolah. Hal tersebut juga bisa dilihat dari skor rata-rata partisipasinya, dimana tingkat skor ratarata partisipasi siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan M tab (rata-rata partisipasi siswa laki-laki) > M (rata-rata partisipasi siswa perempuan) yaitu 34,48 > 29,05. Untuk hipotesis kedua yang berbunyi “diduga ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi dalam berkoperasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak memiliki pengalaman organisasi di sekolah” terbukti, dimana t hit > t tab Y yaitu 2,142 > 1,982 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak memiliki pengalaman organisasi dalam koperasi di sekolah. Hal tersebut juga bisa dilihat dari skor rata-rata partisipasinya, dimana M (rata-rata partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi) > M (rata-rata partisipasi siswa yang tidak memiliki pengalaman organisasi) yaitu 32,06 > 30,08. Hal ini berarti ada perbedaan partisipasi siswa dalam koperasi sekolah ditinjau dari jenis kelamin dan pengalaman organisasi. Dilihat dari nilai rata-rata partisipasi siswa yaitu sebesar 30,55 yang terletak pada kelas 29 – 31 sedang, maka dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan partisipasi siswa dalam koperasi sekolah berada pada kriteria sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5308
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository